Press "Enter" to skip to content

Sejarah Olahraga Gulat Sumo Di Jepang

Sejarah Olahraga Gulat Sumo Di Jepang

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang gulat sumo yang terkenal atau menjadi ciri khas gulat di Jepang. Dengar kata “sumo” pasti anda sudah membayangkan para pegulat yang memiliki badan besar dan rambut dikuncir. Pasti ada yang menganggap olahraga satu ini hanya sebuah lucu-lucuan karna postur tubuh si atlet. Namun jangan salah, para pegulat ini sudah dilatih sama seperti atlet bela diri lainnya yang tidak terkalahkan.

Sumo adalah sebuah beda diri sekaligus olahraga yang sudah ada sejak ribuan tahun lamanya. Sudah sekitar 1500 tahun lalu gulat menjadi olahraga yang dilestarikan di Jepang dan menjadi olahraga nasional.

Sejarah Olahraga Gulat Sumo Di Jepang

Pertandingan olahraga ini sudah ada sejak jaman kekaisaran atau kerajaan di Jepang. Sebenarnya olahraga macam sumo ini sudah ada dibeberapa negara, seperti Korea, Mongolia, dan Turki. Namun nama olahraga yang semacam sumo di negara-negara tersebut berbeda-beda dan tetap msih terkenal Sumo di seluruh dunia.

Sedikit penjelasan sejarah tentang olahraga satu ini. Sumo adalah olahraga yang berhubungan dengan ajaran agama Shinto (agama yang ada di Jepang). Karena itu, sebelum pertandingan sumo, para pegulat dan wasit akan melakukan ritual pengusiran roh jahat dengan cara menaburkan garam suci. Ritual tersebut sebenarnya dilakukan untuk memuja Dewa.

Dan juga pertandingan sumo bukan hanya sebuah pertandingan biasa yang dilakukan atau digelar saat ajang-ajang olahraga, melainkan bisa juga digelar saat musim menanam padi sebagai ucapan doa agar panen berjalan dengan baik dimusim tersebut.

Pertandingan Sumo Sebagai Ucapan Doa

Pertandingan sumo juga sering digelar untuk mengumpulkan donasi sehingga dijaman Edo sumo terbilang sebagai olahraga populer dikalangan masyarakat kaya saja. Namun semakin berjalannya waktu, Sumo sudah semakin dikenal masyarakat Jepang dan pesumo profesional mulai bermunculan.

Untuk menjadi seorang pegulat sumo, mereka dilatih dengan sangat profesional untuk memiliki ketahanan atau kekuatan lebih yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya. Sehingga ini bukanlah olahraga atau bela diri yang bisa diremehkan atau dianggap sepele hanya karena belum mendunia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *